PROSES PENCIPTAAN MANUSIA

Diantara sekian banyak penemuan manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian canggih, masih ada satu permasalahan yang hingga kini belum mampu dijawab dan dijabarkan oleh manusia secara eksak dan ilmiah. Masalah itu ialah masalah tentang asal usul kejadian manusia.Banyak ahli ilmu pengetahuan mendukung teori evolusi yang mengatakan bahwa makhluk hidup (manusia) berasal dari makhluk yang mempunyai bentuk maupun kemampuan yang sederhana kemudian mengalami evolusi dan kemudian menjadi manusia seperti sekarang ini. Hal ini diperkuat dengan adanya penemuan-penemuan ilmiah berupa fosil seperti jenis Pitheccanthropus dan Meghanthropus.
Di lain puhak banyak ahli agama yang menentang adanya proses evolusi manusia tersebut. Hal ini didasarkan pada berita-berita dan informasi-informasi yang terdapat pada kitab suci masing-masing agama yang mengatakan bahwaAdam adalah manusia pertama. Kita sebagai umat islam yang mengakui dan meyakini rukun iman, maka sudah sepantasnya kita mengakui bahwa Al Qur’an adalah satu-satunya literatur yang paling benar dan bersifat global bagi ilmu pengetahuan.”Kitab (Al Qur’an) itu tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib…..” (QS. Al Baqarah (2) : 2-3) Dengan memperhatikan ayat tersebut maka kita seharusnya tidak perluberkecil hati menghadapi orang-orang yang menyangkal kebenaran mengenai asalusul manusia.
1. MANUSIA
Sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah SWT adalah paling sempurna dibandingkan dengan machluk yang lainya, termasuk diantaranya Malaikat, Jin, Iblis, Binatang, dllnya. Tetapi kita sendiri sebagai manusia tidak tahu atau tidak kenal akan diri kita sendiri sebagai manusia. Untuk itu marilah kita pelajari diri kita ini sebagai manusia, Siapa diri kita ini? Dari mana asalnya? Mau kemana nantinya? Dan yang paling penting adalah bagaimana kita menempuh kehidupan didunia ini supaya selamat didunia dan achkirat nanti?
Sebenarnya manusia itu terdiri atas 3 unsur yaitu:
  1. Jasmani.
    Terdiri dari Air, Kapur, Angin, Api dan Tanah.
  2. Ruh.
    Terbuat dari cahaya (NUR). Fungsinya hanya untuk menghidupkan jasmani saja.
  3. Jiwa. (An Nafsun/rasa dan perasaan).
    Terdiri atas 3 unsur:

    • Syahwat/Lawwamah (darah hitam), dipengaruhi sifat Jin, sifatnya adalah: Rakus, pemalas, Serakah, dll (kebendaan/materialis)-menjadi beban masyarakat.
    • Ghodob/Ammarah ( Darah merah ), dipengaruhi oleh sifat Iblis, Sifatnya adalah: Sombong, Merusak, Angkara murka dll (Menentang)-Menjadi pengacau masyarakat.
    • Natiqoh/Muthmainah (darah Putih), Dipengarui sifat malaikat, Sifatnya adalah: Bijaksana, Tenang, Berbudi luhur, Berachlak Tinggi dan Mulia- Menciptakan kedamaian dan kasih sayang.
 2.  ASAL- USUL MANUSIA MENURUT TEORI DARWIN
Secara umum, ada berbagai perdebatan tentang apakah manusia modern sekarang ini berkembang di Afrika, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia atau berkembang dari manusia Neanderthal di Eropa. Dalam hal ini, kita berhadapan dengan suatu periode waktu yang sangat panjang dan tidak bisa begitu saja dipastikan. Para peneliti juga pernah menemukan lukisan gua di Perancis Selatan yang diperkirakan sudah ada sejak 30.000 tahun sebelum Masehi. Paparan tersebut menyatakan bahwa terdapat problem fundamental di dalam penelitian ilmiah tentang asal usul manusia, yakni bahwa suatu bukti fisik yang kecil seringkali dijadikan suatu fondasi bagi teori besar tentang perkembangan dan proses migrasi manusia purba. Dengan kata lain, satu batu kecil bisa jadi titik awal bagi suatu teori masif tentang asal usul manusia.
Pemahaman umum tentang evolusi menempatkan manusia dalam perspektif yang lebih global, yakni membuka fakta bahwa manusia terdiri dari kode-kode genetis yang ternyata juga dimiliki oleh semua bentuk kehidupan lainnya. Pada abad ke -19 sampai sekarang, teori evolusi telah banyak mengalami perkembangan. Beragam penemuan telah dilakukan. Beragam analisis baru juga telah diajukan, terutama tentang proses evolusi manusia yang terjadi selama berjuta – juta tahun.   Bumi terbentuk kira-kira 5 Milyar tahun yang lalu. Tumbuh-tumbuhan primitif dan daratan kering mulai terbentuk kira-kira 410 juta tahun yang lalu. Jadi, pada awal bumu ini terbentuk di dalamnya hanya ada air dan belum ada kehidupan. SEkitar 4 juta tahun yang lalu muncul suatu species di Afrika yang merupakan percabangan dari kera. Species itulah yang nantinya berkembang menjadi homo sapiens, atau manusia sekarang ini. Australopithecus yang ditemukan pertama kali di Ethiopia hidup sekitar 4 juta tahun yang lalu. Sekitar 1 juta tahun yang lalu, homo erectus hidup di Afrika, Asia, dan Eropa.
Pada tahun 1871 Darwin akhirnya merasa sudah waktunya untuk mengemukakan kepada publik topik tentang asal usul manusia. ia menguraikan alasan untuk mempercayai bahwasana manusia dan kera memiliki leluhur jauh yang sama dan bahwasana semua ciri manusia, tidak peduli sebagaimanapun anehnya, telah berevolusi melalui serangkaian langkah yang bertahap. Walaupun teori darwin ini menuai banyak protes dari kebanyakan ilmuan yang beranggapan bahwa manusia sebagai mahluk yang terpisah dari dunia hewan. Sebagian dari para ilmuan tersebut teguh dengan keyakinannya bahwa asal usul manusia terjadi secara bertahap dan melalui tahap seleksi alamiah sendiri.

3. ASAL USUL MANUSIA MENURUT AJARAN ISLAM

Pandangan atau pendapat tentang asal-usul manusia memang bermacam-macam. Salah satunya adalah cerita asal-usul manusia dari kacamata ilmu agama islam. Rasanya semua agama islam memiliki pandangan yang sama terhadap penciptaan manusia . bahwa manusia adalah makhluk ciptaan tuhan. Dari pandangan agama kita lebih mendapatkan informasi yang memuaskan karena, sumber yang di gunakan adalah berasal dari sang pencipta manusia sendiri.

Dalam al-Quran surat as-sajdah ayat 7 di sebutkan sekilas mengenai asal usul manusia”yang membuat dari sesuatu yang dia ciptakan sebaik-baiknya dan yang mulai penciptaan manusia dari tanah” di dalam ayat lain di jelaskan pula “dan, sesungguhnya kami telah menciptakan manusia (adam) dari tanah liat kering ( yang berasal)dari lumpur hitam yang di bentuk”(Qs. Al – Hijr:26). Jadi, dalam al-Quran dikemukakan dengan tegas bahwa adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT.

Saat Allah SWT. merencanakan penciptaan manusia, ketika Allah mulai membuat ‘cerita’ tentang asal usul manusia, malaikat jibril seolah khawatir karena takut manusia akan berbuatan kerusakan di muka bumi. Di dalam al-Quran, kejadian di abadikan,”..dan(ingatlah) ketika tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ‘sesungguhnya, aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang di beri bentuk. Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya, dan telah meniupkan kedalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud”(QS. Al hijr 28-29). Firman inilah yang membuat malaikat bersujud kepada manusia, sementara iblis tetap dalam kesombongannya dengan tidak melaksanakan firman allah.

4. PENCIPTAAN DAN ASAL – USUL MANUSIA
Bagaimana Allah menciptakan manusia dari tanah itu? Benarkah bahwa dalam Al-quran asal-usul manusia adalah tanah? Ayat yang lain menyebutkan berdasarkan proses yang berlangsung dari tanah menuju manusia,” Dan, sesungguhnya kami telah menciptakan manusia itu dari saripati(berasal) dari tanah. Kemudian, kami jadikan saripati itu air mani ( yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulangg belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian, kami jadikan dia mkhluk yang (berbentuk) lain. Maka. Maha SUci Allah, Pencipta yang paling Baik.”(Q.S al Mu’minuun:12-14).
Jika mau meneliti dan memahami lebih jauh, firman Allah tersebut memiliki sebuah makna tersendiri yang nantinya berkaitan dengan asal usul manusia. Disebut dalam al-quran bahwa manusia itu tercipta dari saripati. Saripati yang menjadi “bahan” untuk membentuk manusia pada dasarnya adalah suatu manusia dalam mengolah kekayaan alam. Apa yang kita makan semua berasal dari alam ini dan tertancap di dalam tanah. Nasi yang kita makan (berasal), sayuran, buah-buahan, adalah bahan yang kegiatannya proses pertumbuhannya besal dari tanah. Bahan – bahan makanan itulah yang setiap hari kita komsumsi menjadi energi atau tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Di sana ada saripati yang berasal dari tanah yang sangat berguana bagi tubuh manusia.tidak heran jika dokter menyarankan kita untuk banyak mengkomsumsi buah-buahan atau sayuran karena di dalamnya mengandung saripati yang sangat berguna bagi tubuh manusi. Terlihat jelas bahwa asal –usul manusia yang dari tanah itu sebenarnya benar.
Jika di kaitkan dengan ilmiah, proses asal manusia berlanjut ke dalam proses reproduksi. Rahim adalah tempat “ benih “ manusia disimpan. Hingga, pada akhirnya menjadi segumpal darah dan Allah menyempurnakan bentuknya ilmu pengetahuan dan teknologi telah terbuka tbir( apa yang terjadi di dalam rahim) ini sehingga kita mampu memahaminya. Al-quran sendiri jauh sebelum ilmu dan  teknologi itu muncul sudah menjabarkannya secara mendetail” kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib” (Q.S Al-Baqarah:2-3)
Asal – Usul Manusia dalam ajaran islam dan pesan moral.
Dalam ayat – ayat Al-quran di atas juga dalam proses asal-usul manusia, ada beberapa hikmah berupa pesan moral yang dapat kita ambil, diantaranya:
  • Allah adalah satu-satunya Dzat yangHakiki yang menciptakan manusia. Dia yang menciptakan manusia maka Dia berkuasa atas segala manusia yang ada di dunia ini. Dia pun mengetahui apa yang dilakukan oleh manusia.
  • Manusia telah di angkat derajatnya oleh Allah SWT. sampai seluruh malaikat pun telah di perintahkan untuk bersujud. Namu, sayangnya setelah manusia itu berjalan di muka bumi mereka malah merendahkan derajatnya sendiri di hadapan Allah dengan cara tidak mau tundung dan turut kepada-Nya. Jadi, manusia yang akan di angkat derajatnya adalah manusia yang bertakwa kepada-Nya.
  • Alam yang kita tempati mengandung banyak energy yang kita butuhkan untuk menjaga kelangsungan hidup. Saripati yang kita ambil dari alam telah”membuat” kita hadir di dunia ini. Kita sehat karena saat kita dalam kandungan, ibu kita mengkonsumsi saripati yang dihadirkan oleh alam. Karena itulah kita harus menjaga alami ini dan tidak berbuat kerusakan.
  • Allah adalah Tuhan yang jauh dari keraguan. Mahasuci artinya. Dia suci dari segala prasangka dan keraguan manusianya. Dia suci dari segala sekutu yang dibuat oleh manusia.
5. MANUSIA KERA, PURBA, MODERN
Secara umum penemuan fosil manusia dari jaman ke zaman terbagi atas tiga kelompok, yaitu manusia kera, manusia purba dan manusia modern. Yang perlu diingat adalah bahwa teori ini hanya dugaan dan tidak terbukti kebenarannya karena teori evolusi telah runtuh. Fosil manusia lama yang ditemukan bisa saja bukan fosil manusia atau manusia yang memiliki bentuk ciri tubuh yang unik, atau bahkan hasil rekayasa.
a. Manusia Kera dari Afrika Selatan
  1. Australopithecus Africanus
    Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja.
  2. Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis
    Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Kedua fosil menusia kera tersebut disebut australopithecus.
b. Manusia Purba / Homo Erectus
  1. Sinanthropus Pekinensis
    Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.
  2. Meganthropus Palaeojavanicus / Manusia Raksasa Jawa
    Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau jawa oleh Von Koningswald pada tahun 1939 – 1941.
  3. Manusia Heidelberg
    Manusia heidelberg ditemukan di Jerman
  4. Pithecanthropus Erectus
    Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 – 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak.
c. Manusia Modern
Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm kubik hidup sekitar 15.000 hingga 150.000 tahun yang lalu. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang.
  1. Manusia Swanscombe – Berasal dari Inggris
  2. Manusia Neandertal – Ditemukan di lembah Neander
  3. Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon – Ditemukan di gua Cro-Magnon, Lascaux Prancis. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.
  4. Manusia Shanidar – Fosil dijumpai di Negara Irak
  5. Manusia Gunung Carmel – Ditemukan di gua-gua Tabun serta Skhul Palestina
  6. Manusia Steinheim – Berasal dari Jerman

Sumber :
Kelompok 2

Di Susun Oleh  :
Muhamad Ma’mun SM
Choirul Arifin
Nazarudin Latif
Ramly Mahmud
Riza Firdaus Rakhmatulah

 

FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA
BANDUNG
2012

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: